Get Money & Support Us

Rabu, 26 Januari 2011

Kecerdasan vs Kepintaran

Gambar dari : http://4.bp.blogspot.com

Kecerdasan dan Kepintaran bisa menjadi dua hal yang sangat sulit untuk dibedakan. Orang yang pandai dalam sekolah kadang di puji oleh orang-orang "Wah, anaknya pintar yah..." ada juga bilang "Anaknya cerdas tuh...". Dalam konsep sedemikian rupa istilah cerdas dan pintar dapat diartikan sama. Namun seperti yang saya lihat ada sedikit perbedaan dalam kedua hal tersebut.

Cerdas adalah istilah umum yang biasa digunakan orang untuk mengartikan sifat pikiran, kemampuan dalam berpikir, kemampuan dalam mengambil keputusan serta kemampuan dalam menciptakan gagasan. Orang cerdas umumnya memiliki tingkat berpikir secara logika tinggi. Sehingga dia bisa menstrukturkan masalah dengan sangat baik dan menciptakan solusi dengan sangat cepat.

Pintar adalah istilah khusus yang lebih sering digunakan yang memiliki ruang lingkup yang lebih kecil. Semisalnya seorang anak yang bisa menghapal sebuah bagian dari sebuah buku dengan baik, bisa dikatakan anak tersebut pintar. Atau seorang anak yang sudah bisa menggunakan tangannya untuk melambai kepada orang yang melambaikan tangan kepadanya, bisa dikatakan cukup pintar juga. Namun orang yang pintar pada kenyataan belum tentu bisa menstrukturkan suatu masalah. Dengan kata mudah, orang pintar bisa melakukan sistem dengan baik, sedangkan orang pintar belum tentu bisa menciptakan sebuah sistem.
Saya punya seorang kerabat yang bisa dibilang pintar. Dia bisa melakukan sebagian besar pekerjaan di tempatnya bekerja.sesuai dengan prosedur yang berlaku. Namun suatu saat ada sebuah masalah yang kebetulan terjadi di luar prosedur. Kerabat saya ini, katakanlah si A, langsung bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Si A mau tidak mau harus bertanya pada manajernya untuk dapat menyelesaikannya. Sebuah contoh yang sangat simpel bukan? Si A sangat pintar menurut saya, dan bisa dikatakan salah satu "pemain kunci" di tempat nya bekerja. Namun apa yang dia lakukan bukanlah suatu kesalahan, melainkan memang suatu keterbatasan yang dia miliki.

Kesimpulan yang bisa saya tarik untuk menunjukkan ada perbedaan dari kedua hal di atas adalah

ORANG YANG PINTAR BELUM TENTU CERDAS, DAN ORANG YANG CERDAS BELUM TENTU BISA SEPINTAR ORANG YANG PINTAR

Salam Semangat Selalu,
Maestro Polemica 




ARTIKEL TERKAIT



Tidak ada komentar: